Pengertian Fotografi Landscape

Foto Landscape adalah suatu bagian atau porsi dari pemandangan yang di lihat dari sebuah titik pandang pribadi. Pemandangan merupakan subjek utama dari sebuah landscape. Pada umumnya, orang dan binatang tak nampak dalam foto landscape, kadan-kadang muncul juga dalam tampilan gambar, namun terlihat kecil, dan termasuk bagian dari komposisi untuk menunjukkan skala. Beberapa fotografer berpandapatan lautan pantai, kota dan bangunan buatan manusia secara umum tidak termasuk dalam foto landscape, dan isi dalam foto ini lebih akurat jika disebut sebagai hamparan lautan atau bentangan kota yang luas. Dari pendapat tersebut, mungkin benar landscape adalah sebuah gambar hamparan alam dan seluruh isinya yang alamiah. Jadi dengan begitu, jika pemandangan alam sedang sebuah gambar, itu bisa disebut sebuah landscape. Matahari terbit yang menajubkan, pegunungan yang megah dan sungai. Alam bisa menjadi sangat menginspirasi dan fotografi adalah media yang sangat sempurna dalam memotret indahnya alam. Fotografi landscape bisa menjadi cara untuk melihat keseluruhan isi dunia yang menawan serta menunjukkan seni dalam hidup. Tapi, untuk menemukan tampilan yang sempurna, cara tidak terbatas. Seperti yang dikemukakan fotografer handal, Ansel Adam. Dengan teknologi yang tepat, Anda juga bisa memperoleh foto landscape yang luar biasa. Joka didefinisikan, fotografi landscape yaitu gambar dari alam/pemandangan. Hal ini sangat jarang ditemukan, ada orang dalam foto landscape, bila ada orang dalam sebuah foto landscape, orang tersebut untuk menunjukkan skala foto, sekira atau kecil objeknya. Fotografi landscape hadir dengan sekumpulan bentuk variasi.

FOTO PEMANDANGAN HARUS MEMILIKI SEBUAH TUJUAN MENCERITAKAN SEBUAH KISAH
Sebuah foto landscape yang bagus harus menjalin sebuah hubungan dengan penyimaknya, dan menceritakan sebuah kisah. Sebuah foto landscape yang bagus akan selalu dibuat dan ditemukan suatu titik penting ini, meski telah berbulan-bulan Anda memotretnya. Kemampuan memotret landscape untuk menghibur para penyimaknya dengan momen yang ada dalam foto. Memotret dengan mudah, pada satu waktu serta untuk mengabadikannya dan bisa membyuat momen tersebuat menjadi sesuatu yang menajubkan. Foto landscape yang bagus bisa anda pasang di berbagai perasaan dalam suatu kesempatan.
Aspek lain dari fotografi landscape, yaitu untuk berbagi perasaan yang hadir dalam kesempatan terbaik dalam satu waktu. Satu hal yang bisa dilihat dan menajubkan yang datang dari dirimu sendiri, yang mungkin momen ini juga bisa di bagikan yang lain.

APA YANG TIDAK TERMASUK FOTOGRAFI LANDSCAPE?
Fotografi landscape bukan foto jurnalis, karena bukan sebuah dokumentasi. Tujuan foto landscape tidak hanya mementingkan untuk mengambil gambar dengan cara yang biasa. Pada banyak kesempatan, kita sebenarnya menanti di mana kondisi berubah, dan biasa-biasa saja menjadi luar biasa.
TANTANGAN DAN PERALATAN
Fotografi landscape, bisa menjadi tantangan yang berisi tentang semua kebutuhan yang Anda inginkan saat memotret alam luar. Anda tidak memiliki bantuan suara dan musik, seperti saat membuat video dan saat Anda berada di sebuah studio. Anda harus siap bekerja dengan dunia luar, yang alami (seperti seorang pelukis yang memiliki banyak ide) dan Anda tidak memiliki pencahayaan, seperti saat anda berada di studio, ada cahaya yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan detail terbaik dari setiap pemotretan. Intinya, foto landscape penting untuk mencoba memotret dan menyusun gambar dalam tampilan yang dinamis, serta ketetapan yang menciptakan keselarasan dalam dua dimensi.

BENTIUK-BENTUK FOTOGRAFI LANDSCAPE

Fotografi reprentasi, bisa menjadi sebuah pemikiran “apa yang Anda liaht, layanan yang Anda dapatkan”. Dalam bentuk fotografi landscape ini, fotografer tidak melakukan apa-apa untuk mengubah tampilan tapi hanya memotret alam asli dari alam dan seisinya. Komposisi dalam fotografi, cahaya, waktu yang tepat dan cuaca merupakan aspek terakhir dengan menggunakan teknik ini. Banyak hal, seperti lukisan yang mengesankan, foto landscape bisa bangun teknik yang berkesan dan menggunakan gambar yang lebih lembut yang bisa memberi foto Anda efek ilusi. Meski penyimak foto Anda masih bisa melihat subjek dalam foto Anda itu, gambar yang sebenarnya mungkin sudah tidak tajam dan jernih lagi.

Fotografi landscape impressi adalah sebuah tampilan seni dari sebuah tampilan landscape. Fotografer landscape membangunkan teknik fotografi dan tujuan mereka untuk gambar yang lebih sarat makna, lebih emosional atau terlihat kreatif dalam tampilan. Ini adalah jenis fotografi subjektif, yang setiap kali orang yang melihat foto akan merasakan sesuatu yang berbeda mengenai tampilan gambar. Fotografi landscape impressi tidak nyata, dan lebih berilusi. Banyak fotografi landscape representasi, akan tetapi masih tergolong dalam foto landscape sebab fitur-fitur yang di dalam gambar masih menunjukkan keindahan alam. Penyimak foto menjadi terkesan dari hasil karya para fotografer landscape, yang memiliki maksud/tujuan yang ingin disampaikan dalam gambar, realita sebenarnya yang ada dalam tampilan.

Foto landscape abstrak fotografi yang menggunakan sekumpulan teknik variasi, yang di namakan bentuk dan pendekatan untuk memotret aspek alam, akankah tidak selamanya termasuk dalam landscape. Hasil karya dari fotografi selalu berhubungan dengan pola, bentuk dan pandangannya. Fotografi landscape tidaka selamanya adalah fotografi alam, landscape urban/gedung susun, gedung-gedung pencakar langit juga bisa menciptkan gambar yang menajubkan, garis, sudut, bentuk dan bangunan-bangunan tinggi memberi banyak pilihan untuk para fotografer landscape untuk berkarya.

Fotografi landscape pedesaan berbentuk layar yang tidak ada manusia di dalamnya, tapi gambar itu mengisyaratkan ada manusia yang tinggal dalam foto tersebut. Suka gambar dari hasil fotografi ini diambil didaerah luar atau di ladang/perkebunan, contohnya : daerah pertanian.

Fotografi landscape laut/seascapes, yaitu foto landscape yang menunjukkan pemandangan hamparan pantai, lautan dan bentangan lautan yang luas. Fotografi seascape yang paling menajubkan yaitu saat daratan dan lautan bertemu. Dalam gambar ini juga biasanya ada aktifitas manusia dan bangunan-bangunan hasil karya manusia.

Fotografi landscape perkotaan/pemandangan di perkotaan. Fotografi ini menggambarkan tampilan keliling juga kegiatan/hiruk pikuk manusi di dalamnya. Genre /aliran lainnya yang termasuk dalam kategori ini yaitu:

Fotografi Cityscape “tampilan besar” yang menunjukkan kemegahan/ keramaian keliling.

Fotografi arsitektur lebih khusus pada bangunan srditektur dan aktiftas sekitarnya.

Fotografi candid street pilihan kegiatan-kegiatan manusia yang saling terkait dalam pemandangan kuta.

Fotografi landscape dokumentasi /mengenai lingkungan. Fotografi jenis ini murni, tidak ada pengarh manusia di dalamnya, inti dari foto ini hanya detail yang diciptakan dari alam yang terlihat pada foto landscape. Bergantung pada subjek apapun, dan komposisi dalam tampilan. Fotografi landscape jenis ini juga bisa di baca dalam genre/aliran “fotografi alam”.

KESIMPULAN

Memotret foto landscape memang merupakan hal yang sangat menarik, baik Anda yang hanya menyukai pemandangan dan hanya ingin memotretnya, apalagi jika Anda memang seorang fotograferyang ingin membuat karya seni foto landscape yang menajubkan. Fotografi landscape tidak selamanya hanya berisikan pemandangan, seperti: pegunungan, sungai, lautan dan lain sebagainya. Foto landscape juga terbagi menjadi: urban landscape/fotokeliling, cityscape, arsitektur, candid street dan lain-lain. Dengan berbagai jenis/bagian-bagian dari foto landscape itu Anda dapat berkreasi dengan rupa yang Anda potret, sehingga kemampuan Anda dalam memotret landscape menjadi lebih handal lagi. Semoga uraian diatas bisa menginspirasi dan membuat Anda lebih paham lagi mengenai defenisi foto landscape. Jika Anda memiliki masukkan dan komentar seputar artikel ini, silahkan komen dibawah ini, juga untuk mengetahui tips-tips foto landscape terbaik, sampai jumpa...

Komentar

Postingan Populer