Mood

Tips Fotografi Close Up


Belajar fotografi memang membutuhkan waktu. Namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika tujuannya agar dapat menghasilkan foto ynag berkualitas. Justru kegiatan yang satu ini bisa menjadi sarana bagi Anda untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari yang cukup menguras waktu dan tenaga.

Agar dapat menghasilkan gambar yang baik, kita membutuhkan teknik-teknik khusus dalam memotret. Setiap teknik tertentu memiliki cara dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Apabila Anda adalah seorang fotografer pemula, maka membutuhkan sedikit waktu agar dapat melakukan sebuah teknik fotografi dengan sempurna. Untuk memudahkan Anda dalam berlatih, pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih jauh seputar teknik fotografi Close Up.



Canon Eos M3 - Canon 70-200mm F2.8


Teknik ini pada dasarnya menampilkan bagian tubuh model dijadikan objek foto mulai dari kepala hingga pinggang. Di samping itu Anda juga bisa menampilkan sebagian anggota tubuh model seperti hanya pada bagian mata saja. Untuk teknik ini, akan lebih mudah jika kamera yang digunakan adalah kamera DSLR. Alasannya lensa kamera ini bisa dilepas dan diganti dengan lensa lainnya sehingga bisa memudahkan Anda dalam membidik objek.


 Canon Eos M3 - Canon 70-200mm F2.8

Berikut Tips Fotografi Close Up :

1. Pemilihan Kamera

Pilih kamera yang memiliki fasilitas zoom yang baik. Atur jarak yang pas, tidak terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Usahakan memotret Close Up dengan posisi wide angel.

2. Pengaturan waktu

Manfaatkan cahaya matahari dari luar ruangan, yaitu mengambil foto close up pada saat sekitar jam 8-10 pagi. Jika terpaksa mengambil pada sore hari yaitu pada pukul 3-5 sore. Sebenarnya waktu-waktu tersebut sangat pas untuk melakukan sesi pemotretan tidak hanya foto close up saja.


Canon Eos M3 - Canon 70-200mm F2.8

3. Pencahayaan

Arahkan datangnya sinar matahari pada sisi kanan dan pada kiri untuk model. Jika matahari belum terlalu terang maka arahkan objek / model sejajar dengan matahari dari depan. Yang paling penting adalah jangan mengambil foto melawan arah datangnya sinar matahari karena silau dan terlihat gelap pada bagian belakang model.


 Canon Eos M3 - Canon 50mm F1.8



4. Komposisi

Tempatkan frame kamera pada posisi sejajar dengan model, tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Atur jendela view winder pada kamera pada posisi yang pas. Untuk model close up berwajah lebar atau tubuh gemuk harus diatur kembali posisinya dengan mengarahkan model untuk melihat arah sisi kanan tidak tepat terlihat ke arah kamera.


  Canon Eos M3 - Canon 50mm F1.8



5. Komunikasi

Ajak model mengobrol agar suasana tidak terlalu kaku dan mempengaruhi kualitas foto close up.Dengan begitu ekspresi model akan maksimal.


  Canon Eos M3 - Canon 50mm F1.8


6. Lokasi

Pilih lokas yang sesuai dengan tema fotografi apakah indoor atau outdoor. Yang paling penting tempat tersebut memiliki kondisi pencahayaan yang bagus dan bisa diatur untuk melakukan pemotretan.

  Canon Eos M3 - Canon 50mm F1.8

  Canon Eos M3 - Canon 50mm F1.8

 Canon Eos M3 - Canon 50mm F1.8


Demikian adalah teknik memotret close up yang bisa Anda coba sendiri. Dengan latihan Anda akan terbiasa dan ahli dalam memotret objek dengan teknik ini.

More info :

ShellucretiART Photography
Jl. Lenteng Agung Gang Ikhlas 4 No.120 RT 005 RW 008
Pasar Minggu, Jakarta Selatan
12520

Call/WA:
0896 0680 8182
Julian

Instagram:

Komentar

Postingan Populer